IBX5980432E7F390 Cara Membuat Botok Bandeng - RESEP PEDIA

Cara Membuat Botok Bandeng

Pernah makan botok? Botok bisa berupa apa saja, dapat sayur, lauk atau bahkan semacam kudapan aneka kue-kue basah. Namun kali ini akan membahas botok yang digunakan sebagai teman makan nasi.

Adalah botok bandeng yang populer di daerah Jawa. Mengolahnya tidak terlalu rumit dan sulit. Sekalipun sebagai lauk menjelang sahur tiba.

Sama seperti pepes, botok juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Dikukus dan dibakar sejenak sebelum dihidangkan. Penasaran cara membuatnya? Berikut resepnya.

Cara Membuat Botok Bandeng

Bahan-bahan :

  • 2 ekor bandeng ukuran besar
  • 250 gram parutan kelapa muda
  • 4 lembar daun jeruk
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 6 lembar daun salam
  • 3 butir bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • ¼ sendok teh terasi
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh bubuk kaldu ayam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 35 gram gula merah
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siangi ikan bandeng, dan bersihkan potong masing-masing menjadi 3 bagian, diamkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan terasi.
  3. Iris tipis daun jeruk, sisihkan.
  4. Dalam wadah taruh ikan bandeng, parutan kelapa muda, bumbu yang dihaluskan, daun jeruk, serta bumbu-bumbu lain kecuali daun salam, aduk rata.
  5. Ambl daun pisang, alasi bagian bawah dengan daun salam, kemudian bandeng dan terakhir baluri parutan kelapa berbumbu.
  6. Kukus kurang lebih selama 30 menit.
  7. Sebelum disajikan boleh dipanggang sebentar supaya lebih harum baunya.

Botok bandeng dengan bumbu ketumbar dan daun jeruk ini sama sekali tidak berasa amis maupun anyir. Mengonsumsinya dapat dengan sayur bening atau sayur asam, sambal dan lauk lain seperti tahu dan tempe goreng. Praktis mudah sekali memasaknya.

Ikan bandeng sangat baik dikonsumsi anak-anak yang masih dalam taraf pertumbuhan dan perkembangan. Selain bandeng yang dapat dibotok, ikan lain juga bisa, seperti : udang, ikan teri, dan lain sebagainya. Ayam, daging juga termasuk di dalamnya.

Ikan bandeng selalu nikmat disajikan dalam ragam menu olahan apapun. Entah itu digoreng biasa, dipresto, disemur, balado. Hingga dapat pula dibuat semacam sambal yang bercampur.

Bagaimana, masih meragukan khasiat dari ikan bandeng tersebut, berikut kutipannya untuk Anda, yang penulis rangkum dari berbagai sumber akurat.

Khasiat Ikan Bandeng

  1. Sebagai sumber protein hewani, ikan bandeng mudah didapatkan dan dengan harga yang terjangkau pula.
  2. Mengandung lemak esensial omega 3, yang dapat mencegah terjadinya kelainan penyakit syaraf otak Alzhaimer dan Demensia.
  3. Mencukupi kebutuhan tubuh akan kalori, bandeng mengandung 200 kalori dari 2200 kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Sebagai penyetabil mood [ mood stabilizer] karena rasa gurih yang ada pada ikan bandeng.
  5. Mengobati stres, ikan bandeng banyak mengandung karbohidrat dan protein, kombinasi ini menghasilkan glukosa dan trigleserida, yang berfungsi sebagai obat stress.
  6. Menguruskan badan, karena ikan bandeng mampu mengontrol sel tubuh, jika ikan bandeng dibuat pepes atau botok seperti pada resep masakan di atas tadi.
  7. Mengemukkan badan, bila ikan bandeng dimasak dengan cara digoreng, sebab lemak HDL akan berkombinasi dengan lemak LDL pada minyak yang digoreng.
  8. Berguna untuk menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung koroner, dan mencegah stroke.


Iklan tengah

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru: